EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL BOOK INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP GARUT

hudiana hernawan

Abstract


Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapat
dimanfaatkan yang saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk mempelajarinya. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan diproduksi menjadi Digital Book Interactive. Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga audiovisual. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model Digital Book Interactive yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan
desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent control group pre-test and post-test design, yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk Digital Book Interactive dan satu kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk buku cetak. Instrumen angket digunakan untuk menjaring data motivasi belajar mahasiswa sebelum dan setelah mendapatkan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh, motivasi belajar akhir mahasiswa yang menggunakan Digital Book Interactive (85,88) nyata lebih besar dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan buku cetak (69,08). Selanjutnya, peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan Digital Book Interactive (0,7184) nyata lebih besar dibandingkan dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku cetak (0,3576). Kesimpulan dari penelitian ini, Digital Book Interactive efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matakuliah Fisiologi Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut.

References


Buzzetto, et.al., (2007). Reading in A Digital Age: e-Books Are Students

Ready For This Learning Object?. Interdisciplinary Journal of

Knowledge and Learning Objects Volume 3. Editor: Alex

Koohang

Darmawan, Deni (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Dick, W and Carey, L (1990). The Systematic Design of Instruction.

Glenview, Illinois London, England: Scat, Foresman &

Company.

Islam, dkk. (2014). Child Education Through Animation: An

Experimental Study. International Journal of Computer

Graphics & Animation (IJCGA) Vol.4, No.4, October 2014.

Kusuma, A (2011). ”E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa”.

Lentera Pendidikan, Vol. 14, Nomor 1, 2011.

Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT.

Alfabeta.

Rohani, Ahmad (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka

Cipta

Sardiman. A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Pres

_______________. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Press

______________. (2014). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Pers

Suryabrata , S. (1994). Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo

Persada : Jakarta

Surya, M. (2014). Strategi Kognitif. Garut: STKIP Press.

Wiryokusumo, Iskandar (2002). Pengantar Teknologi Pendidikan.

Matrikulasi Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran

Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Bahan Matrikulasi tidak

diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Teknologi

Pembelajaran Universitas PGRI Surabaya


Comments on this article

View all comments
 |  Add comment