KONTRIBUSI PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBASIS ARTICULATE ONLINE TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER

Iman Nasrulloh

Abstract


Penelitian ini berjudul “ K ont ri busi Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Articulate Online Terhadap Aktifitas Dan Keterampilan Siswa Dalam Perakitan
Komputer“. Masalah dalam penelitian ini penulis rumuskan sebagai berikut: :”Berapa besarnya kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidaknya kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer. Dari permasalah yang diangkat dalam penelitian ini penulis menurunkan hipotesis :” Terdapat kontribusi yang signifikan dan positif kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yakni metode yang bertujuan untuk menyelidiki variasi yang dimiliki suatu faktor berhubungan dengan variasi pada faktor – faktor lainnya pada satu kelompok subjek yang didasarkan pada koefisien korelasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh dengan angket dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda dan menjodohkan yang diisi oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Farizi Kelas X-1 Jurusan TKJ dengan sampel sebanyak satu kelas. Pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan perhitungan statistik korelasi product moment dan uji signifikansi korelasi dengan uji-t. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan (dk) = 36. Berdasarkan hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa
dalam perakitan komputer adalah baik sekali, karena skor rata-rata yang diperoleh 63,47 (85%). (2) Keterampilan siswa yang menggunakan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer di SMK Al-Farizi adalah baik, skor rata-rata yang diperoleh 18,79 (72%). (3) Kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer adalah 42,9%, sisanya sebanyak 57,1% ditentukan oleh faktor lain. Secara statistik dapat dinyatakan r = 0.67. Hal ini sesuai dengan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi korelasi, karena thitung > ttabel (5,1 > 2,029) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer

Keywords


Model Pembelajaran Tutorial Articulate Online, Keterampilan Siswa, Perakitan Komputer