PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Alifia Nurilmidiansyah

Abstract


Proses pembelajaran yang kini banyak dilakukan, umumnya kurang mendorong kemampuan berfikir siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir yang mereka miliki
untuk meningkatkan dan mempercepat proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada tingkat pemahaman yang dimiliki setiap siswa. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat menggiring siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalam kegiatan belajar. Salah satu cara meningkatkan kemampuan pemahaman siswa adalah dengan menerapkan multimedia interaktif model tutorial dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan multimedia interaktif model tutorial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran TIK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dengan desain Control Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test (pre-test dan post-test), lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan multimedia interaktif. Dari hasil penelitian terdapat perbandingan-perbandingan yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan peningkatan pemahaman kelas kontrol dengan perbandingan rerata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,63> 0,32. Berdasarkan analisis pada keseluruhan tahapan penelitian diperoleh bahwa penerapan multimedia interaktif model tutorial terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, selain itu peningkatan hasil belajar siswa
dalam ranah kognitif di kelas eksperimen berada pada kriteria sedang dan lebih besar dari kelas kontrol dan terdapat perbedaan rerata nilai siswa yang cukup jauh antara
pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional

Keywords


Multimedia Interaktif, Model Tutorial, Pemahaman Siswa