PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Ali Ismail

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan multimedia pada pokok bahasan fluida. Penelitian ini menggunakan desain penelitian randomized control group Pretest-Potstest design dengan sampel eksperimen kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Garut. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penguasaan konsep setelah diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) meningkat secara signifikan dilihat dari nilai gainnya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain penguasaan konsep 63% untuk kelas eksperimen dan 52% untuk kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat lebih meningkatkan penguasaan
konsep siswa di bandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan multimedia

Keywords


model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), penguasaan konsep Multimedia